Search
Semua Kategori
    Menu Close
    Back to all

    4 Cara Agar Tetap Fokus saat Work From Home

    4 Cara Agar Tetap Fokus saat Work From Home

    Pandemi COVID-19 menjadikan kita memiliki kebiasaan baru dan berbeda. Salah satunya adalah work from home atau bekerja dari rumah atau biasanya lebih sering disebut WFH. Beberapa perusahaan menganjurkan karyawannya WFH untuk tidak memperluas virus COVID-19. Terhitung sejak bulan Maret 2020 WFH sudah dilaksanakan hingga sekarang. Situasi dan kondisi yang berbeda dengan bekerja di kantor tentunya membuat kita butuh waktu untuk beradaptasi. Mungkin beberapa orang sudah ada yang terbiasa dengan WFH, ada juga beberapa orang yang masih kesulitan saat WFH. Biasanya kesulitan yang dihadapi adalah susah fokus saat bekerja. Nah, Alvarium punya beberapa tips nih untuk kamu yang kesulitan saat WFH. Berikut ini beberapa tips dari Alvarium.

    1. Batasi penggunaan media sosial

    Media sosial dapat mengganggu pekerjaan kamu bila terus menerus terdistraksi saat jam kerja. Untuk menghindarinya, kamu bisa mematikan notifikasi media sosial selama jam kerja. Bila pekerjaan kamu berada dalam lingkup media sosial, kamu bisa log out akunmu agar lebih fokus mengerjakan pekerjaanmu. Kamu juga bisa menjadikan bermain media sosial sebagai reward setelah pekerjaanmu selesai agar kamu lebih semangat bekerja.

    2. Disiplin dengan waktu dan menetapkan jadwal prioritas

    Biasanya ketika WFH, pekerjaan kantor sering terganggu karena pekerjaan rumah. Mengatur jadwal dan disiplin melaksanakannya merupakan solusi untuk hal tersebut. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan rumah terlebih dahulu lalu mengerjakan pekerjaan kantor sesuai dengan jam operasional. Selain itu, kamu juga perlu meminta pengertian dari orang-orang di rumah agar fokus dalam bekerja.

    3. Berpakaian rapi 

    Berpakaian rapi layaknya pergi ke kantor dapat menjadi salah satu cara agar fokus saat WFH. Kamu bisa terhindar dari rasa malas atau ingin bersantai karena pakaianmu mendukung untuk serius bekerja. Selain itu, kamu juga tidak perlu buru-buru ganti baju ketika ada panggilan untuk online meeting.

    4. Ciptakan ruang kerja yang nyaman

    Ruang kerja yang nyaman dan kondusif dapat membuat kamu lebih fokus dalam bekerja. Kamu tidak harus mempunyai ruang kerja yang luas, manfaatkanlah salah satu spot kosong di rumah untuk di tata menjadi ruang kerja yang nyaman untukmu. Di beberapa media sosial, banyak orang yang sudah memposting spot kerja mereka. Kamu bisa mencari referensi untuk membuat spot kerjamu lebih nyaman.

    Nah, tips ini juga berlaku loh untuk para reseller yang memang bekerja dari rumah! Bekerja dari rumah bukan berarti harus tetap santai dan mengikuti arus. Kamu bisa mengatur waktu dan sistem sendiri agar bekerja lebih efektif.

    Comments
    Leave your comment Close